Sepakbola Itu Menarik


Foto: bola.net

Leonardo Bonucci, pemain bertahan Juventus yang satu ini terlihat mudah melakukan blunder di setiap kesempatan bermain pada kompetisi Serie A musim 2012/2013 ini. Tak jarang dia melakukan salah posisi, kelengahan atau keterlambatan dalam melakukan penjagaan pemain lawan serta passing yang kurang sempurna. Apabila dibandingkan dengan performa dia selama musim lalu, maka bisa dilihat perbedaan. Musim lalu dia bermain dengan disiplin, konsistensi dan menjaga daerah pertahanan Juventus dengan baik.

Match Day 1: Champions League Group Stage
Ketika Champions League Fase Grup musim 2012/2013 bergulir pada tanggal 19 September 2012. Juventus yang tergabung di Grup E melawan Chelsea pada pertandingan pertama. Pada pertandingan ini Juventus tertinggal dua gol terlebih dahulu. Dua gol tersebut diciptakan oleh pemain baru mereka, yaitu Oscar. Terciptanya kedua gol Oscar tak lepas dari kesalahan Bonucci dalam menjaga pertahanan.

Gol pertama berawal dari tembakan langsung ke gawang oleh Oscar. Namun, bola tersebut sedikit mengenai kaki Bonucci yang berdampak kepada arah bola. Perubahan arah bola itu, menjadikan posisi penjaga gawang Gianlugi Buffon tidak pada tempatnya untuk menghadang tembakan bola. Bola hasil tendangan Oscar tersebut bersarang di gawang Gianluigi Buffon pada menit ke-31. Ini adalah gol perdana Oscar pada debutnya di Champions League.

Untuk gol Oscar yang kedua, diciptakan melalui sebuah tendangan melengkung ke sudut kanan atas gawang. Tendangan yang terbilang cukup brilian itu tak terjangkau oleh Gianluigi Buffon. Gol Oscar terjadi dikarenakan marking yang kurang sempurna dari Bonucci terhadap Oscar. Berawal dari tengah lapangan, bek Chelsea Ashley Cole memberikan Direct Pass ke Oscar yang berada diluar kotak pinalti.. Oscar menerima operan tersebut dengan satu sentuhan menahan bola sambil melakukan Half Turn. Pergerakan Oscar tersebut, membuat marking Bonucci terhadapnya menjadi terlepas. Bonucci terkecoh, terlambat dan terciptalah gol Oscar pada menit ke-33.

Meski tertinggal dua gol terlebih dahulu, akhirnya pertandingan berakhir imbang dengan skor akhir 2 – 2. Dua gol balasan Juventus diciptakan oleh Arturo Vidal di menit ke-35 & Quagliarella pada menit ke-80.

Match Day 2: Champions League Group Stage
Dua minggu berselang, headlines pun berubah. Bonucci akhirnya menjadi penyelamat Juventus pada pertandingan ke-2 Champions League Group Stage melawan Shaktar Donetsk. Dia membuat Juventus selamat dari kekalahan dengan menciptakan gol penyeimbang di menit ke-25.

Terciptanya gol Bonucci, berawal dari sepak pojok yang dilakukan oleh Andrea Pirlo. Umpan dari sepak pojok tersebut diarahkan ke tengah kotak pinalti. Bonucci berhasil melepaskan diri dari kawalan pemain Shaktar di areal kotak pinalti untuk menerima umpan Pirlo tersebut. Bebas dari kawalan, akhirnya Bonucci menendang langsung bola tersebut ke gawang. Tendangan Bonucci tersebut mengarah ke sudut kanan atas gawang dan membuahkan gol bagi Juventus. Sulit untuk dibendung oleh penjaga gawang Shaktar Donetsk.

Gol Bonucci menjadi gol penyeimbang. Skor menjadi 1 – 1, karena sebelumnya Shaktar mampu mencetak gol terlebih dahulu melalui Alex Teixeira di menit ke-23. Dan hingga berakhirnya pertandingan, hasil akhir pun tetap dengan kedudukan 1 – 1.

Permainan Bonucci yang mudah melakukan blunder sejak kompetisi Serie A dan Champions League tahun ini bergulir, menjadi penyelamat tim Juventus dengan golnya ke gawang Shaktar Donetsk.

Sepakbola memang menarik untuk ditonton dan dicermati. Dunia didalamnya terus berubah dan berputar secara alami sampai peluit akhir berbunyi. Sebuah olahraga yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup para pecinta sepakbola.

Haryo Bimo Suryaningprang
4 Oktober 2012

Write Your Messages

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s