Pesona Ranu Kumbolo


Ranu Kumbolo, danau yang terletak di Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (Lumajang – Jawa Timur), berada di ketinggian 2.400 Mdpl. Ranu disini berarti air/kolam/danau, dan Kumbolo berarti tempat berkumpul. Jika mendefinisikan arti Ranu Kumbolo dengan lokasi aslinya, maka arti danau untuk tempat berkumpul sangatlah cocok. Ranu Kumbolo memang tempat yang bagus untuk berkumpul.

Apabila kita mendaki Gunung Semeru, maka tempat ini menjadi tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda sebelum melanjutkan perjalanan mereka menuju Puncak Gunung Semeru. Suhu dingin akan sangat terasa disekitar danau, terutama pada malam hari. Ranu Kumbolo memiliki panorama yang terkenal dikalangan para penikmat alam, yaitu pergerakan matahari terbit yang akan muncul diantara dua bukit, sehingga akan menghasilkan sebuah pemandangan yang sangat indah untuk dilihat. Selain itu, pergerakan kabut tebal yang melewati dua bukit juga akan sering kita nikmati.

Untuk menuju Ranu Kumbolo, kita dapat menempuhnya dari Desa Ranu Pane. Ranu Pane sendiri merupakan pos awal pendakian Gunung Semeru, terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Dengan berjalan kaki, jarak yang ditempuh dari Desa Ranu Pane ke Ranu Kumbolo adalah 9,5 KM. Dan akses untuk menuju Desa Ranu Pane bisa melalui Pasar Tumpang yang berada di Malang. Dari pasar Tumpang menuju Ranu Pane, kita bisa menggunakan berbagai macam alternatif cara, seperti motor, Jeep, Truk, sepeda maupun berjalan kaki.

(bimo)

Write Your Messages

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s