Petualangan: It’s Your Choice. It’s Your Life


Apa yang bisa dilihat dari sebuah petualangan? Berikut sedikit ilustrasi tentang arti petualangan itu sendiri.

IT’S YOUR CHOICE, IT’S YOUR LIFE

Tak perlu mengajarkan kepada orang lain soal bagaimana kita seharusnya berpetualang atau bagaimana kita ber-Backpacker atau bagaimana menjalani hidup. Lakukan saja aktivitas positif yang bisa dilakukan oleh masing-masing individu. Alam semesta dan isinya memilki caranya tersendiri. Yang diperlukan adalah bertukar fikiran. Dan jika itu baik, tambahkan kedalam fikiran kita. Jika tidak, tanyakan alasannya sebelum menilai dan memutuskan untuk merubahnya.

Untuk melakukan sesuatu, gunakanlah tanganmu. Jika tidak mampu, gunakan lisanmu. Jika tak mampu, gunakan hatimu. Setiap individu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh individu lainnya. Tak perlu beranggapan bahwa kita tahu banyak atau bahkan tahu segalanya. Kita hanya individu-individu yang memiliki siklus kehidupan-nya tersendiri. Karena, setiap manusia memiliki Tuhan yang setia menemani setiap waktu dan selalu memberikan kesempatan nyata didalam aktivitas hidupnya. Dan itu bisa terjadi tanpa campur tangan dari individu lainnya. Hak fitrah & kewajiban sesama manusia adalah “Beyond Our (Human) Measure. It’s God Right’s. Just Respect It.”

Melihat diri terlebih dahulu. Melihat kedalam sebelum melihat orang lain. Memaksimalkan potensi yang dimiliki. Belajar mempercayai diri sendiri dan tidak meremehkan potensi yang dimiliki, sebelum menggantungkan jalan hidupnya kepada orang lain. Memilih apa yang harus dipilih, menjalani apa yang harus dijalani. Dan belajar ikhlas dalam menerima hasil. Itulah salah satu buah petualangan, yaitu kemandirian.

Belajar sadar bahwa salah adalah risiko, benar juga risiko. Tentang bertahan menerima serta menghadapi risiko dan tetap melangkah. Melihat diri untuk kembali melangkah. Bersikap seperti lautan, saling beriringan dan saling mengingatkan. Tak merasa lebih atau beda, semua bisa.

Kau lahir, kau merangkak, kau berdiri, kau berfikir, kau mandiri. Siklus alamiah. Kekuatan hidup dimulai dari dalam diri sendiri. Tak masalah jika tak sampai tujuan. Yang terpenting adalah bagaimana kita melangkah.

Maka, lakukanlah petualanganmu sendiri. Lakukanlah karena kita benar-benar ingin melakukannya. It’s Your Choice. And It’s Your Adventure.

(Haryo Bimo Suryaningprang)

Write Your Messages

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s