Teh Talua (Teh Telur) Sumatera Barat


Teh Talua

Apabila kita berkunjung ke Padang Sumatera Barat, maka kita bisa menikmati sajian minuman khas ala kuliner Minang. Salah satunya adalah Teh Talua atau biasa disebut Teh Telur yang berasal dari daerah Padang Pariaman. Minuman ini berkhasiat menambah stamina. Cocok untuk diminum di pagi hari sebelum kita beraktivitas. Atau sebagai minuman penghangat yang dapat menemani kita dikala hujan turun. Dan tidak sulit untuk membuat minuman Teh Talua ini.

Resep Teh Talua:
– 1 butir telur ayam kampung
– 2 sendok teh gula pasir
– 2 gram bubuk teh seduh
– Susu kental manis
– Madu
– Susu Bubuk Coklat

Cara Membuat Teh Telur:
Siapkan secangkir gelas, pecahkan satu buah telur ayam dan gunakan kuning telurnya saja. Masukan 2 sendok teh gula pasir, lalu aduk dengan rata (kocok). Seduh 2 Gram (kuantitas sesuai selera) Teh dengan air hangat dan tunggu hingga teh terseduh dengan sempurna. Teh yang sudah terseduh dituangkan perlahan-lahan ke gelas yang berisi kuning telur tadi. Usahakan agar adonan jangan sampai pecah. Lalu, tambahkan Teh Telur tadi dengan susu kental manis. Bisa juga ditambahkan dengan madu atau susu bubuk coklat (sesuai selera). Voilaaa, jadilah Teh Talua.

Teh telur yang belum diaduk ketika dicicipi, rasa yang didapat lebih personil ke bahan-bahan utama, yaitu telur & teh. Rasanya unik. Sedangkan, teh yang sudah diaduk ketika dicicipi, rasanya lebih kearah karamel. Ini mungkin karena pengaruh dari susu kental manis.

Teh Talua, sajian maknyus yang bisa dinikmati pada saat kita berkunjung di Kota Padang. Have a nice try!

(Haryo Bimo Suryaningprang)

Write Your Messages

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s