Wejangan Hidup Dari Bapak Untuk Anak-Anaknya


Ayah dan Anak

Haryo Bimo & Bilal Arka

Saya akan mengajarkan anak traveling, berdagang, bertarung & semua hal informal selain pelajaran sekolah seiring proses mereka menuju dewasa.

Pada dasarnya sistim formal saat ini (Jenjang Sekolah) tidak menjadi pegangan signifikan untuk masa depan setiap anak kelak.

Saya tidak akan memberi wejangan ketakutan semu bagi anak-anak saya, macam “Jika tidak Sarjana, Kau takkan menjadi apa-apa“. Tidak!

Seiring proses mereka dewasa, saya akan menantang mereka untuk menghilangkan dogma penjara fikiran tersebut.

Pilihan hidup tetap menjadi hak mereka. Tapi menjalani tantangan seorang bapak akan menjadi kewajiban sebelum mereka dewasa.

Selama masih dalam koridor perbuatan yang bermanfaat, tak ada alasan untuk mengelak.

Apapun hasilnya, sempurna maupun tidak sempurna. Saya hanya berharap kelak anak saya memahami apa yang saya lakukan demi masa depan mereka.

“Lesson in school is not the biggest factor in life…. Life is the lesson”

“Result in school is not the biggest education in life…. Life is the education”

HBS, 09/05/2014

Write Your Messages

